» Langgar Perda, Interpelasi Kebijakan Gubernur Anies akan Bergulir
Bagikan sekarang untuk informasi bagi kerabat Anda.
Article information
  • Tanggal: 7-02-2018, 21:53
7-02-2018, 21:53

"Langgar Perda, Interpelasi Kebijakan Gubernur Anies akan Bergulir"

Langgar Perda, Interpelasi Kebijakan Gubernur Anies akan Bergulir

Fraksi PDIP DPRD DKI memastikan wacana menginterpelasi kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan bakal terealisasi. Terlebih, sudah empat fraksi yang diklaim sepakat melayangkan hak tanya terkait kebijakan gubernur.

Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono menyebut, keempat fraksi yang sepakat menginterpelasi sekarang ini masih melakukan kajiannya masing-masing. Gembong mengatakan untuk mengajukan hak interpelasi pihaknya masih mengkaji materi yang bakal ditanyakan kepada gubernur dan tidak bakal naik menjadi hak angket.

"Tidak ada agenda untuk mengangket gubernur, kami murni hanya ingin mendengar penjelasan gubernur mengenai kebijakan-kebijakannya yang menjadi kontroversi," kata Gembong, di Jakarta, Rabu (7/2 ) malam.

Gembong tidak mau menyebut fraksi-fraksi mana saja yang sekarang ini tengah melakukan kajian terhadap kebijakan gubernur yang dianggap melanggar perundang-undangan maupun peraturan daerah (perda). Dia hanya menegaskan sejauh ini tidak berkomunikasi dengan Fraksi Gerindra dan PKS.

"Yang pasti, kajian dari PDIP sekarang ini telah naik menjadi kajian oleh fraksi-fraksi. Bahkan sudah ada yang menandatangani (kesepakatan). Ini langkah mudah kok prosesnya, mungkin pekan depan sudah rampung," tambah Gembong.

Kebijakan Anies menutup Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, untuk digunakan pedagang kaki lima (PKL) berdagang, dianggap menabrak dua undang-undang sekaligus yakni, Pasal 28 dan 275 UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Pasal 12 UU No 38/2004 tentang Jalan.

Selain itu, dalam kebijakan yang dimaksudkan untuk penataan Tanah Abang tersebut, Anies dianggap menabrak Peraturan Daerah (Perda) DKI No 8/2007 tentang Ketertiban dan Perda No 10/2012 tentang Lalu Lintas.

Artikel ini disalin dari BeritaSatu

Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.