» 10 Cara Ahok Mencegah Banjir yang harus Ditiru oleh Anies-Sandi
Bagikan sekarang untuk informasi bagi kerabat Anda.
Article information
  • Tanggal: 15-02-2018, 19:32
15-02-2018, 19:32

"10 Cara Ahok Mencegah Banjir yang harus Ditiru oleh Anies-Sandi"

Loading...
10 Cara Ahok Mencegah Banjir yang harus Ditiru oleh Anies-Sandi

BebasOpini.com - Banjir DKI Jakarta pada dasarnya memang menjadi masalah utama yang sudah puluhan tahun terjadi setiap tahunnya. Namun, sejak era Jokowi-Ahok datang, harapan mulai datang.

Hal tersebut pun mulai terbukti dengan semakin sedikitnya jumlah titik banjir di wilayah DKI Jakarta. Apa saja sih yang telah dilakukan oleh Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta kala itu hingga berhasil mencegah terjadinya banjir?

Berikut rangkumannya:

- Saluran Pembuangan Aliran Sungai

BebasOpini.com - Basuki T Purnama (Ahok) sudah memikirkan cara agar wilayah Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, tidak kembali dilanda banjir. Salah satunya dengan membuat saluran pembuangan aliran sungai.

"Saluran ini sudah kecil, kita akan usahakan limpahan (aliran sungai) dari Depok itu ada saluran pembuang. Jadi jangan buang beban ke sini," kata Ahok seusai blusukan di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2016).

"Kalau beban sini enggak kuat nampungnya (aliran sungai). Walaupun dibandingkan dulu, ini lebih cepat surut katanya," imbuhnya.

Ahok mengatakan dirinya sudah mempelajari penyebab banjir di Kalisari sejak 6 bulan lalu. Kalisari, lanjut Ahok, sudah masuk program penanggulangan banjir. Namun rencana tersebut terkendala jumlah alat berat yang terbatas.

"Jadi sebenarnya ini sudah (sejak) 6 bulan lalu, saya sudah minta pelajari. Kita tinggal tunggu waktu saja, karena alat berat terbatas. Ini 6 bulan mereka sudah survei sebetulnya," papar Ahok.

Ahok menjelaskan penyebab banjir di Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, bukan karena pembangunan apartemen atau perumahan di sekitar lokasi. Penyebab banjir, kata Ahok, adalah adanya waduk dan ukuran sungai yang kecil.

"Karena ada waduk, kalau waduknya sudah penuh, dia buka. Ini mirip-mirip dengan kasus Setu Babakan, kalau dia penuh, dia buka, dan di sini enggak sanggup menampung (karena sungainya kecil)," tutup Ahok.
(bis/kst)

https://news.detik.com/berita/d-3381864/cegah-banjir-di-pasar-rebo-ahok-akan-buat-saluran-pembuangan-aliran-sungai/komentar

- Membuat Embung atau Kolam Penampung Air Hujan

BebasOpini.com - Basuki Tjahaja Purnama menyatakan rencananya membeli tanah salah seorang anggota masyarakat saat blusukan di Cilandak, Jakarta Selatan, sore ini.

Ahok, sapaan Basuki, berencana membeli lahan di dataran rencah untuk mencegah banjir saat hujan. Pemilik tanah, kata Ahok, sudah bersepakat melepaskannya.

"Saya kalau datang tempat banjir, saya pasti cari ada daerah paling rendah. Biasa itu buat pemancingan atau tempat piara ayam atau bebek. Tanah itu kami mau beli. Dia mau jual tanahnya," kata Ahok saat blusukan, Jumat (30/12).

Menurut Ahok, lahan akan dibeli setelah dia kembali bertugas di pemerintahan. Nantinya tanah itu akan dibuat embung atau kolam untuk menampung air hujan ataupun air dari rumah tangga. Tanah itu bakal dibor atau digali hingga 10 meter agar bisa menyerap air.

Embung itu, kata Ahok, menjadi solusi dari saluran air yang meluap ke pemukiman warga. Saluran air biasa terpasang di bawah rumah masyarakat dan jalanan.

https://www.cnnindonesia.com/kursipanasdki1/20161230195628-516-183234/ahok-janji-beli-tanah-warga-cilandak-untuk-cegah-banjir/

- Pengerukan Sungai dan Danau

BebasOpini.com - Ahok mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat upaya penanggulangan banjir kurang optimal. Salah satunya, menurut Ahok, lambatnya pengadaan barang untuk pengerukan sungai-sungai dan danau. "Duit ada, tapi barang tidak datang-datang," kata Ahok.

Ahok mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengambil langkah tegas untuk mendukung upaya penanggulangan banjir kali ini. Seperti diketahui, puncak musim hujan diprediksi datang pada Januari 2014 dan lebih besar daripada saat Januari 2013.

https://metro.tempo.co/read/529811/cegah-banjir-lagi-ahok-kami-lakukan-segala-cara

- Tegas berlakukan Hukuman Pidana untuk Warga Ilegal

BebasOpini.com - "Yang menduduki tanah pemerintah, sudah tidak ada kompromi, akan dipidana," kata Ahok.

Mengenai upaya tersebut, Ahok mengatakan, dirinya telah bertemu dengan pihak Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri. Selain itu, Ahok mengungkapkan bahwa dia juga mendukung upaya penerapan denda untuk masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sungai. "Seperti di Singapura, semua fine, fine, fine," kata Ahok.

Pengurus kecamatan dan kelurahan pun akan dikerahkan untuk terlibat dalam penyelesaian masalah banjir. "Pak Gubernur sudah memberi data bagi setiap wali kota untuk kelurahan dan kecamatan," kata Ahok.

https://metro.tempo.co/read/529811/cegah-banjir-lagi-ahok-kami-lakukan-segala-cara

- Membangun Penampungan Air Sementara

BebasOpini.com - Salah satu staf pribadi Gubernur, Maruhal, yang ikut dalam kunjungan tersebut, membeberkan jadwal kunjungan Ahok di Rotterdam tertanggal 22 September 2015. Dimulai dengan kunjungan ke beberapa project climate change adaptation yang telah dilaksanakan di Rotterdam.

"Proyek-proyek yang dikunjungi bertujuan mempelajari implementasi pencegahan banjir di kawasan padat atau high density area, dengan pendekatan membangun penampungan air sementara," demikian tertera dalam jadwal ‎agenda Ahok yang diterima redaksi, Rabu (23/9).

http://www.rmol.co/read/2015/09/23/218335/Di-Rotterdam,-Ahok-Belajar-Cegah-Banjir-dan-Cara-Libatkan-Swasta-dalam-Pembangunan-

- Normalisasi Sungai

BebasOpini.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan, untuk mengatasi masalah banjir di kawasan Kemang harus ada tindakan normalisasi Sungai Krukut.

"Untuk mengatasi masalah banjir memang harus ada normalisasi sungai, dan di sana ada Kemang Village juga dibikin bak tampungan," kata Ahok di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Bak tampungan yang telah dibuat tidak dapat menyerap air ke bawah dan itu menimbulkan masalah dan tidak mungkin dibongkar karena sudah menjadi hak milik, katanya.

"Kita nggak mungkin bongkar, itu sudah jadi hak milik semua. Ini kan kejadian kejadian dulu yang berusaha diperbaiki," kata Ahok.

https://www.wartaekonomi.co.id/read111495/ahok-cegah-banjir-harus-normalisasi-sungai-krukut.html

- Perbaiki Sistem Saluran Air

BebasOpini.com - Untuk menghadapi musim hujan, Ahok mengatakan mulai mengintensifkan memperbaiki sistem saluran air di Jakarta. Selain itu, pihaknya menilai banyaknya perumahan warga yang ditutupi semen dapat menjadi kendala bagi resapan air.

"Kita lagi kejar cepat. Ini masalah saluran kita pengen genangan cepat turun. Hampir semua orang rumahnya ditutupi dengan semen beton," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (8/10).

https://www.merdeka.com/peristiwa/hadapi-musim-hujan-ini-3-jurus-jitu-ahok-cegah-banjir.html

- Siapkan Pompa Air

BebasOpini.com - Langkah lain, menurut Ahok adalah dengan memperbaiki beberapa pompa air yang saat ini sedang bermasalah. Karena pompa menjadi alat yang penting untuk mengalirkan genangan air.

"Ada beberapa rusak kita lagi perbaiki juga. Termasuk waduk pluit ada sekeringnya rusak. Kita lagi pesan dari Jepang dan saya minta ada cadangan," ujar Ahok menjelaskan.

https://www.merdeka.com/peristiwa/hadapi-musim-hujan-ini-3-jurus-jitu-ahok-cegah-banjir.html

- Pembangunan Tanggul Raksasa

BebasOpini.com - Pemprov DKI Jakarta berencana membangun tanggul raksasa untuk mengatasi banjir rob yang kerap terjadi di Jakarta Utara. Pembangunan tanggul ini akan menjadi prioritas Pemprov DKI di Jakarta Utara tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menerangkan, banjir rob maish menjadi masalah bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta Utara. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini harus dibuat tanggul raksasa.

"Rencananya kita bangun tanggul, mulai dari sisi utara Marunda hingga sisi utara Pluit. Nantinya, proyek tanggul itu akan terintegrasi dengan National Capital Integrated Coastal Development (NCCID) atau Giant Sea World yang bernilai sekitar Rp600 triliun," terang Ahok di Kantor Pemkot Jakarta Utara, Rabu (1/4/2015).

https://metro.sindonews.com/read/984091/171/cegah-banjir-ahok-ingin-bangun-tanggul-raksasa-pluit-marunda-1427880208

- Pembuatan Waduk di Kamal Muara

BebasOpini.com - Selain ingin membangun tanggul, Ahok mengatakan, sedang mengupayakan pembangunan waduk di daerah Kamal muara, Penjaringan dekat dengan kawasan perumahan mewah Pantai Indah Kapuk (PIK) seluas‎ 30 hektare.

Untuk itu, Ahok meminta kepada pengembang perumahan agar menyerahkan lahannya demi pembuatan waduk. "Kalau itu bisa terealisasi pasti banjir di Muara Kamal pasti bisa terselesaikan," jelasnya.

https://metro.sindonews.com/read/984091/171/cegah-banjir-ahok-ingin-bangun-tanggul-raksasa-pluit-marunda-1427880208

Semoga DKI Jakarta segera menemukan cara terbaiknya untuk mencegah dan mengatasi problema banjir yang sudah sangat lama menjadi musibah ini.

Artikel ini disalin dari Google.co.id

Loading...
Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.