» Rusun Hybrid Sandiaga, Warga Disuruh Nyicil 20 Tahun, Berapa DP nya?
Bagikan sekarang untuk informasi bagi kerabat Anda.
Article information
  • Tanggal: 14-02-2018, 18:12
14-02-2018, 18:12

"Rusun Hybrid Sandiaga, Warga Disuruh Nyicil 20 Tahun, Berapa DP nya?"

Rusun Hybrid Sandiaga, Warga Disuruh Nyicil 20 Tahun, Berapa DP nya?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana membangun rumah susun (rusun) dengan konsep hybrid. Konsep rumah ini akan diuji coba di 17 RW di Penjaringan, Jakarta Utara, karena wilayah tersebut masuk dalam kawasan kumuh di ibu kota.

Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup, Blessmiyanda menjelaskan konsep rusun hybrid ini tidak akan menggusur. Sebab rusun itu akan dibangun di lokasi yang sama.

"Jadi mereka tidak digusur tapi mereka dibangunkan di lokasi setempat. Kemudian rusunnya itu green building, artinya tidak menggunakan lift, hanya 5 lantai, di lantai 5 nya di rooftop nanti jadi kafe dan itu jadi penghidupan bagi mereka," katanya saat dihubungi, Rabu (14/2).

Dia juga mengatakan telah ada pihak swasta yang tertarik dengan pembangunan rusun tersebut. Menurutnya, warga dapat mencicil kepemilikan rusun hingga 20 tahun.

"Pakai investasi. KPBU, Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Jadi dia nanti PPP (Public Private Partnership). Sifatnya mencicil dalam 20 tahun misalnya. Peran pemerintah, memfasilitasi konsep," jelasnya.

Mengenai lahannya, Blessmiyanda belum bisa memastikan apa benar itu lahan milik Pelindo atau bukan ini yang akan pihaknya telusuri lebih detail lagi.

"Kemungkinan itu punya Pelindo. Jadi nanti itu lah bentuk kerjasama masyarakat dengan Pelindo, misalnya. Bukan belum jelas, tapi belum kita telusuri. Karena itu kan daerah kumuh. Ya nanti kita duduk bersama supaya jelas dulu, itu punya siapa, kita ukur, bukti-buktinya. Jadi nanti ada suatu perjanjian kerjasama," sambung dia.

Mengenai perbedaan rumah lapis dengan rumah konsep hybrid, dia menjelaskan ada perbedaan. Namun dia tidak bisa merinci karena dia pribadi tidak memahami konsep rumah lapis.

"Saya nggak begitu tahu ya rumah lapis seperti apa. Yang jelas konsep kita green building, menghidupkan masyarakat setempat. Masyarakat yang sudah bertempat tinggal di sana selama puluhan tahun bagaimana hidup di lingkungannya menjadi sehat," katanya. [dan]

Artikel ini disalin dari Merdeka.com

Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.